Amnesty Internasional: Stop Bungkam Ruang Ekspresi Mahasiswa Papua

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua –

Aparat gabungan (TNI/POLRI) membubarkan serta menangkap sejumlah Mahasiswa Papua di Kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, pada Kamis (10/11/2022) saat mereka (mahasiswa) mengadakan mimbar bebas peringati hari kematian Tokoh Papua Merdeka, Dortheys Hiyo Eluay.

Menanggapi pembubaran serta penangkapan Mahasiswa tersebut, Deputi Direktur Amnesty International Indonesia, Wirya Adiwena mengatakan pemerintah Indonesia baru saja menyampaikan pada sidang Tinjauan Berkala Universal (UPR) di Dewan HAM PBB bahwa pemerintah berhasil dalam pembangunan bidang HAM, namun yang terjadi di lapangan justru sebaliknya.

“Hak atas kebebasan berekspresi dan berkumpul secara damai dibungkam di Papua untuk kesekian kalinya. Ini harus dihentikan,” tegas Deputi Direktur Amnesty Internasional Indonesia dalam siaran pers yang dipublikasikan melalui website resmi amnesty.id, (10/11/2022).

Dia juga membeberkan bahwa beberapa tahun belakangan ini situasi kebebasan sipil di Indonesia mengalami kemunduran. Menurutnya, salah satu indikatornya ialah perlakuan diskriminatif terhadap orang Papua yang menyampaikan ekspresi politiknya secara damai.

“Padahal kebebasan berekspresi semacam ini legal dalam instrumen politik,” ucap Wirya Adiwena. Pihaknya mendesak Aparat Militer agar segera membebaskan sejumlah mahasiswa Papua yang ditangkap serta dia berharap aparat (TNI/Polri) berhenti gunakan kekuatan berlebihan dalam penanganan aksi damai di Papua.

“Jika ada indikasi kekerasan oleh aparat dalam penanganan aksi protes ini, maka pelaku harus diselidiki dan diadili,” harap Deputi Direktur Amnesty Internasional Indonesia, Wirya Adiwena.

“Kami juga menyerukan kepada seluruh aparat negara untuk menghentikan tindakan represif terhadap segala upaya berekspresi dan berkumpul secara damai serta menjamin dan melindungi hak-hak sipil,” lanjutnya.

Aparat Kepolisian menangkap sejumlah Mahasiswa Kampus USTJ, Jayapura, Papua yang melakukan aksi mimbar bebas peringati 21 tahun kematian Tokoh Papua Merdeka, Theys hiyo Eluay, Kamis (10/11/2022). (Foto: istimewa)

Pasalnya, pada hari Kamis, (10/11/2022) sekitar pukul 12.00 Waktu Papua, mahasiswa USTJ melakukan aksi mimbar bebas peringati 21 tahun kematian Tokoh Papua Merdeka, Theys Hiyo Eluay di halam kampus USTJ. Namun selang satu jam, aparat kepolisian menggunakan mobil patroli mendatangi aksi mimbar bebas tersebut.

Kedatangan kepolisian itu untuk membubarkan paksa aksi mimbar bebas serta merampas bendera Bintang Kejora yang dikibarkan. Namun mahasiswa USTJ tidak terima pihak kepolisian masuk kampus, mereka lalu menutup pintu gerbang kampus USTJ.

Melihat respon mahasiswa tersebut, aparat lalu mendobrak pintu kampus dan menembak gas air mata ke arah mahasiswa. Aparat kemudian masuk dan menangkap tujuh mahasiswa, serta ada laporan bahwa terjadi pemukulan terhadap sejumlah mahasiswa yang melakukan aksi mimbar bebas itu.

Melihat kondisi hak masyarakat sipil termasuk mahasiswa untuk menyampaikan pendapat di ruang publik yang mendapat represif ini, Amnesty Internasional Indonesia menegaskan agar hak atas kebebasan berekspresi secara damai harus dihormati dan dilindungi.

[Reporter: Jeffry Badii]

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

PUISI: Papua yang Hilang

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Namaku Papua! Aku yang mungkin lupa diucapkan oleh aksara dan rasa! Aku yang mungkin lupa ditulis oleh kamus-kamus penderita! Aku yang mungkin...

Berusia 44 Tahun, IPMAPA Malang Diharapkan Jadi Rumah Bersama

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam perayaan usianya yang ke-44 Tahun, Organisasi Persatuan Orang Papua, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) di Kota Malang...

Pentas Seni Dalam Rangka HUT IPMAPA Malang, Beberapa Tradisi Papua Ditampilkan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang, dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan...

Perayaan HUT IPMAPA Malang, Diawali dengan Seminar

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang yang ke-44 Tahun, dimulai dengan kegiatan Seminar yang...

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...