BNPT Rencana Tetapkan OPM Sebagai Organisasi Teroris, VK ‘Semprot’ Negara Indonesia

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua – 

“Logika Jakarta: Papua lagi tenang dikit, enaknya bikin bergejolak tentang apalagi yah? Oh iya, mari wacanakan saja OPM sebagai teroris” -Veronica Koman.

Belum lama ini, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berencana akan mengkaji dan menetapkan Organisasi Papua Merdeka (OPM) sebagai organisasi teroris.

Rencana tersebut menuai penolakan dari berbagai pihak, salah satunya Veronica Koman (VK), seorang pengacara sekaligus pegiat HAM yang vokal menyerukan persoalan Papua pada tingkat internasional. Menurutnya, penetapan OPM sebagai organisasi teroris akan memperburuk stigma Indonesia terhadap orang Papua.

“Mengkategorikan OPM sebagai teroris hanya akan memperparah stigma Indonesia terhadap Papua. Aparat akan makin bertindak sewenang-wenang di Papua. Makin banyak sipil yang akan disapurata oleh aparat,” tulis VK pada laman twitter pribadinya.

Veronica yang kini berada di Australia itu, mengatakan bahwa OPM itu tidak sekedar organisasi, namun telah merasuk dan menjadi ideologi orang Papua.

“OPM itu bukan sekedar organisasi perjuangan kemerdekaan, tapi OPM itu sudah menjelma menjadi roh dan ideologi. Akan begitu banyak Orang Papua merasa ikut dilabeli sebagai teroris,” bebernya.
“suatu langkah yang akan memperlebar jurang antara Jakarta dan Papua,” lanjut pegiat hak asasi manusia (HAM) ini.

Organisasi pro kemerdekaan Papua (TPNPB-OPM) adalah salah satu gerakan tertua di dunia. Banyak di antara orang Papua (warga sipil) yang menghargai OPM sebagai pejuang sejati.

“cukup yakin bahwa tentara Indonesia akan dinyatakan sebagai teroris oleh masyarakat Papua Barat, jika pemerintah Indonesia memutuskan untuk menyebut OPM sebagai kelompok teroris,” tegas Veronica Koman.
“OPM telah menjadi ideologi yang tidak mungkin diberantas oleh negara Indonesia,” tutup dia.

"Obor Untuk Papua"

Maksimus Syufi
Maksimus Syufi
Jurnalis Dipta Papua

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

PUISI: Papua yang Hilang

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Namaku Papua! Aku yang mungkin lupa diucapkan oleh aksara dan rasa! Aku yang mungkin lupa ditulis oleh kamus-kamus penderita! Aku yang mungkin...

Berusia 44 Tahun, IPMAPA Malang Diharapkan Jadi Rumah Bersama

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam perayaan usianya yang ke-44 Tahun, Organisasi Persatuan Orang Papua, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) di Kota Malang...

Pentas Seni Dalam Rangka HUT IPMAPA Malang, Beberapa Tradisi Papua Ditampilkan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang, dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan...

Perayaan HUT IPMAPA Malang, Diawali dengan Seminar

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang yang ke-44 Tahun, dimulai dengan kegiatan Seminar yang...

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...