24.9 C
Special Region of Papua
Sunday, March 7, 2021

Dinilai Pers Sangat Penting, Ini Kata Mereka Soal Pers di Tambrauw

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua –

Di moment peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2021, Dipta Papua melakukan polling (kuesioner) tentang kedudukan dan pentingnya Pers di Kabupaten Tambrauw dalam mengawal pembangunan dan segala macam persoalan yang terjadi di tengah masyarakat.

Berdasarkan Hasil (kuesioner) yang terkumpul, ini Pandangan Mereka terhadap Pers (Media).

Memberitakan informasi yang perlu diketahui oleh publik,” Tedi Maizeni.

“Pers (Media) merupakan alat komunikasi atau membantu mengawal dan mengungkapkan hasilnya ke public biar diketahui semua pihak,” Nicodemus momo.

Pers adalah Wahana Komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan Jurnalistik, Mencari data, meliput, memperoleh, menyimpan, mengelola dan menyampaikan,” Wilson Malak.

Pers adalah penyiaran yang akurat melalui surat kabar dan media elektronik lain,” Maximus Sedik.

Secara pengertian umum Media atau pers merupakan suatu lembaga yang selalu memberikan informasi akan suatu peristiwa penting kepada masyarakat umum supaya diketahui oleh publik. Pers juga merupakan alat menampung dan peresap aspirasi yang nantinya dipublikasikan kepada publik,” Fredrik Herman Esyah.

Pers adalah media yang mampu memberikan informasi kepada semua orang yang dapat membacanya. Juga sebagai alat kontrol kerja suatu daerah,” Warenius Iccos Syufi.

“Pers adalah Alat untuk mendidik Rakyat dan Kontrol Sosial,” Mery Kinho.

Juga mereka menganggap kehadiran Pers di Kabupaten Tambrauw sangat dibutuhkan, guna mengawal berbagai macam persoalan dan menyampaikan secara terbuka apapun yang terjadi di daerah tersebut.

Oleh sebab itu, mereka menyetujui jika Tambrauw harus memiliki sebuah media yang berdiri secara independen, netral atau tidak memihak kepada pihak mana pun.

Namun, saat ditanya terkait kehadiran pers atau aktivitas jurnalistik di Kabupaten Tambrauw, polling menunjukkan bahwa sebagian menganggap selama ini pers sudah mengawal berbagai isu di Tambrauw. Namun sebagian dari mereka juga yang menganggap pers (media) belum secara maksimal hadir dan melakukan kegiatan jurnalistik di Kabupaten yang dijuluki Penyu Belimbing tersebut.

Dan ini Pesan Mereka untuk Pers di Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat.

Segera melatih pemuda untuk menjadi wartawan yang kredibel dan terukur bagi anak Tambrauw,” Maximus sedik.

Harap pers hadir di Tambrauw untuk mengawal suara serta mengontrol ketidak adilan dalam pembagunan,” Sergio.

“Pers harus jadi Independen. Walau ada Donator, Kelekatan nilai harus dijaga: tranparansi, melihat dari dua sisi, dll,” Mery Kinho.

Semoga Pers di Tambrauw kerja dan bertindak sesuai dengan fakta yg terjadi. Jangan seperti media-media yang sudah ada di Tambrauw yang selalu puji-puji Pemerintahan untuk cari makan itu stop,” Yaku Tinggouw.

“Patuh dan Taat pada UU Pers,” Brian.

“Jika ada pers di Tambrauw, maka harus berdiri secara independen dan harus kawali jalannya pemerintah Tambrauw demi hak-hak masyarakat kecil,” Moses Ajami.

Bekerja dengan tulus membangun dengan hati menuju masa depan Tambrauw yang jauh lebih baik,” Thitus Melkion Yesnath.

Tolong perhatikan agar media komunikasi akses ke Kampung (pedalaman) yang sangat membutuhkan Pers sebagai saluran aspirasi,” Romanus M Syufi.

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

Pelantikan Flassy Sebagai Sekda Papua Sah Secara Hukum

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dualisme pelantikan sekretaris daerah (Sekda) Provinsi Papua pada Senin (01/03/2021). Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal di Kota Jayapura melantik...

FOTO: Salah Satu Klub Futsal di Kota Sorong Mengenakan Kostum Bergambar Bintang Kejora

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam mengikuti pertandingan Futsal IMMS (Ikatan Mahasiswa Maybrat Sorong), salah satu tim serentak mengenakan kostum bergambar bendera Bintang Kejora...

Mahasiswa Mamteng Tuntut Pemda Segera Kucurkan Dana Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa IKB-PMMTP se-Jawa Bali menuntut pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah (Mamteng) agar segera mengucurkan dana pendidikan yang tak tersalurkan sejak...

Masyarakat Abun Tagih Janji Sekda Tambrauw, Lantik Kepala Distrik Abun

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Pemuda dan seluruh masyarakat di Distrik Abun, Kabupaten Tambrauw kembali mendesak janji sekretaris daerah (Sekda) agar memberikan surat rekomendasi...

Saling Mengasihi Merupakan Kunci Dasar Membangun Persekutuan di KMK Poltekkes

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Tulisan HBD KMK terpampang di depan Aula Poltekkes Jayapura sebagai informasi mengenai ulang tahun KMK Poltekkes Jayapura. Di bawah...