ESAI: Noken Mama Papua

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua –

Oleh: Louis Kabak)*

“Noken Mama Papua”. Tidak bisa kita pungkiri bahwa noken tidak dapat dipisahkan dari kehidupan orang Papua. Noken merupakan alat yang berfungsi dan bernilai dalam kehidupan masyarakat Papua dan punya nilai tinggi dan menarik perhatian dunia. Hal ini yang membuat UNESCO menetapkan tanggal 4 desember sebagai hari Noken se-Dunia.

Noken Mama Papua menarik perhatian dunia karena memiliki nilai dalam kebudayaan masyarakat Papua. Hal ini, yang membuat Unesco menetapkan noken sebagai salah satu warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan dari generasi ke generasi. Terutama bagi orang Papua.

Noken Mama Papua selalu manarik. Menarik karena, selain mama Papua menggunakan sebagai alat untuk mengisi bahan makanan, juga karena setiap anak Papua yang lahir, terutama di pegunungan, sejak bayi lahir sampai tumbuh besar sudah diisi di dalam noken buatan tangan Mama-Mama Papua.

Noken Mama Papua selalu istimewa. Keistimewaan ini yang membuat para intelektual Papua mengusulkan dan berusaha sampai harus diakui dunia dan menetapkan tanggal 4 Desember sebagai hari Noken Internasional.

Mama Papua yang hebat. Noken tidak hanya berguna bagi kehidupan kita, tetapi juga bagi masyarakat komunitas internasional yang tentu menggemari budaya, Noken Mama Papua.

Saya sendiri merupakan anak yang diisi Ketika dilahirkan. Saya merasakan kenyamanan noken buatan sa pu (saya punya) Mama. Biasanya Mama-mama sudah siapkan noken ketika kita ada dalam perut Mama-mama Papua yang hebat. Ketika lahir, Mama-mama langsung isi kita dalam noken buatan tangan sendiri dengan penuh cinta, cinta yang melampaui batas.

Ketika ke kebun, atau ke mana pun, mama isi sa dalam noken Ketika sa tertidur. Dengan penuh cinta sa pu mama pikul sa yang di dalam noken buatan tangannya sendiri.

Noken Mama Papua. Noken adalah dua mata koin yang tak terpisahkan, noken adalah kehidupan kita anak Papua. Anak Papua yang sejak dilahirkan diisi di dalam noken buatan tangan Mama Papua.

Noken Mama Papua. Mari kita sama-sama menjaga warisan budaya yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita, Orang Papua.

Selamat Hari Noken Se-Dunia!

Tuhan jaga sa pu Mama Papua, Perajut Noken yang hebat!

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

PUISI: Papua yang Hilang

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Namaku Papua! Aku yang mungkin lupa diucapkan oleh aksara dan rasa! Aku yang mungkin lupa ditulis oleh kamus-kamus penderita! Aku yang mungkin...

Berusia 44 Tahun, IPMAPA Malang Diharapkan Jadi Rumah Bersama

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam perayaan usianya yang ke-44 Tahun, Organisasi Persatuan Orang Papua, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) di Kota Malang...

Pentas Seni Dalam Rangka HUT IPMAPA Malang, Beberapa Tradisi Papua Ditampilkan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang, dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan...

Perayaan HUT IPMAPA Malang, Diawali dengan Seminar

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang yang ke-44 Tahun, dimulai dengan kegiatan Seminar yang...

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...