IMT Jayapura Akhirnya Laksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua –

JAYAPURA – Puncak kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinaan (LDK) yang dilaksanakan oleh Ikatan Mahasiswa-Mahasiswi Tambrauw (IMT) di kota Studi Jayapura, akhirnya dapat berjalalan dengan baik. Kegiatan ini dihadiri seluruh anggota dari awal pembukaan sampai selesai. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Yohanes Gewab selaku orang tua Pembina untuk Mahasiswa-Mahasiswi Tambrauw di kota Studi Jayapura.

“Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, secara resmi saya membuka kegiata LDK dengan tema “Membentuk Kader-kader Pemimpin Mahasiawa/i Tambrauw yang Kreatif, Berkualitas, Bertanggung jawab, dan berdaya saing,” kata Yohanes Gewab saat membuka acara kegiatan LDK yang berlansung di depan halaman Kontrakan Asrama Tambrauw, pada Sabtu, (22/04/2023).

Sebelumnya, dalam sambutan-sambutan, Yohanes mengapresiasi kegiatan LDK yang diinisiasi oleh Badan Pengurus IMT di Jayapura. Menurutnya, melalui proses begini sangat baik untuk diikuti karena bagian dari pengembangan diri dan mengasah wawasan.

Gewab selaku orang tua Pembina, juga menguatkan kepada Mahasiswa-mahasiswi Tambrauw dari Empat suku besar dan satu sub-suku agar saling menjaga kebersamaan dan merawat persaudaraan.

“Ade-ade yang datang harus kuliah baik-baik sampai selesai. Saling baku jaga di asrama dan jangan minum mabuk bakalai sesama kalian,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut saat ditanyai salah satu peserta, tentang materi yang diterima dari narasumber dengan tema berbeda-beda. Menurutnya, berbagai materi yang diterima sangatlah produktif karena memberikan edukasi-edukasi baru tentang LDK.

Kata dia, menariknya dari materi tersebut adalah tentang Pulblic Speaking dan tips-tips menjadi seorang pembicara handal.

“Materi Public Speaking sangat baik. Selama ini kita tidak bisa tampil berbicara di depan umum, tetapi materi dengan tips-tips tadi diberikan sangat efektif untuk ke depan,” terangnya.

Menanggapi kegiatan ini (LDK), Ketika ditanya perasaan panitia terhadapa kegiatan tersebut, Agustinus Wabia selaku Ketua panitia sangat bangga dan mengapresiasi kepada seluruh Anggota IMT terlebih khsusus panita, Badan Pengurus IMT, dan Senior-senior yang sejak awal setia membantu hingga akhirnya menyukseskan kegiatan.

Meskipun banyak hal lain sempat belum diselesaikan secara maksimal, Agustinus mewakili panitia menyampaikan permohonaan maaf kepada semuanya.

Baginya, menjadi ketua panitia awalnya dianggap gampang, tetapi di lapangan lain cerita. “Awalnya saya kira menjadi ketua panitia hal yang gampang, tetapi setelah saya rasakan sendiri memang cukup berat. Kita panitia dapat ditekang oleh teman-teman dan juga senior-senior cukup berat rasanya,” tuturnya.

Wabia juga sangat sesali karena tidak ada dukungan dari pemerintah Tambrauw dalam hal ini dinas Pendidikan. Ironisnya, syarat mendapatkan dana disampaikan oleh dinas terkait telah dipenuhi oleh panitia.

“Sangat disesalkan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tambrauw. Kita sudah berusaha membuat proposal, tetapi semua tinggal janji di atas janji,” pungkasnya.

Akhir dari semua ini, setelah acara inti selesai, diikuti dengan rekreasi bersama antar seluruh anggota, Panitia Pelaksana LDK, Badan Pengurus IMT, dan tamu undangan di depan halaman Kontrakan Asrama Tambarauw.

[Reporter: Kam]

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...

Mahasiswa Mimika Se-Jawa Bali Tuntut Pihak YPMAK dan Pemda Mimika Serius Perhatikan Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Amolongo…Nimaowitimi…Amakanie…Kinaonak …Saipa … wa.wa.wa. Pendidikan adalah bekal yang harus dimiliki setiap orang untuk mencapai segala sesuatu yang telah menjadi target...

Mahasiswa Maybrat di Kota Surabaya Pertanyakan Pemda Maybrat Terkait Biaya Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten Maybrat gelontorkan dana sebesar Satu Miliar (1M) kepada Calon Siswa (Casis) Bintara dari...

Papua Bercerita

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Orang Papua penting menceritakan kisah nyata dalam keseharian hidup nya. Cerita masa dulu, sekarang dan waktu akan datang. Potret kehidupan...

Breaking News: Polisi Tangkap 62 Massa Aksi di Jayapura

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Aksi damai mahasiswa dan rakyat Papua di Jayapura pada Selasa, (2/04/2024) dibubarkan dengan paksa oleh aparat kepolisian dan sebanyak...