Jubir Nasional PRP & KNPB Ditangkap: Orang Papua Malang dan Solidaritas Duduki Polresta Malang

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua –

Selasa, 10 Mei 2022, Juru Bicara Nasional Petisi Rakyat Papua (PRP) Jefry Wenda dan Jubir Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Nesta Suhuniap ditangkap pihak kepolisian di Kantor Kontras Papua, Perumnas 4, Jayapura, Papua siang ini.

Tak hanya Jefry dan Nesta, beberapa orang lainnya juga ditangkap, di antaranya; Omizon Balingga (Ketua Diplomasi KNPB), Marten Rumbiak (WPNA), Bintang Boma (Anggota KNPB), dan Imam Kogoya (Anggota) serta salah satu perempuan aktivis Papua dan beberapa orang lainnya (dalam konfirmasi).

Jefry Wenda dan Nesta Suhuniap ditangkap lantaran perjuangan mereka atas aspirasi rakyat Papua untuk menolak UU Otsus jilid II dan Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua yang dipaksakan pemerintah Indonesia.

Jubir Nasional Petisi Rakyat Papua (PRP) Jefry Wenda dan Jubir Nasional KNPB Nesta Suhuniap Ditangkap aparat Kepolisian di Jayapura. (Foto: Dok PRP)

Merespon penangkapan Jubir Nasional PRP dan KNPB itu, orang Papua Malang dan solidaritas rakyat Indonesia menduduki Kantor Polresta Malang, Jawa Timur untuk menuntut segera bebaskan Jefry Wenda dan Nesta Suhuniap serta beberapa orang lainnya yang juga ditangkap di Jayapura.

“Setelah aparat kepolisian tangkap Victor Yeimo, sekarang Jefry Wenda dan Nesta Suhuniap juga ditangkap. Maka itu, kami serukan kepada seluruh Mahasiswa Papua di Malang dan kawan-kawan pro demokrasi untuk segera duduki kantor Polresta Malang guna merespon penangkapan terhadap Jubir PRP dan KNPB serta kawan-kawan lainnya di Jayapura, Papua,” tegas Yali Suhuniap, Humas aksi serentak PRP di Kota Malang, Selasa, (10/05/2022).

“Kami juga menyerukan kepada Mahasiswa Papua dan kawan-kawan pro demokrasi di seluruh Indonesia maupun di Papua agar segera menduduki Polresta setempat untuk menuntut segera bebaskan Jefry Wenda, Nesta Suhuniap serta beberapa orang lainnya yang juga ditangkap aparat kepolisian,” sambungnya.

Sebelumnya, Jefry Wenda sudah mendapat teror dari pihak kepolisian. Salah satu Kasat Intelkam Polres Jayapura mengancam bahwa, jika Jefry tidak membatalkan aksi serentak PRP pada (10 Mei 2022), maka Jubir Nasional PRP itu akan ditangkap.

"Obor Untuk Papua"

Maksimus Syufi
Maksimus Syufi
Jurnalis Dipta Papua

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

PUISI: Papua yang Hilang

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Namaku Papua! Aku yang mungkin lupa diucapkan oleh aksara dan rasa! Aku yang mungkin lupa ditulis oleh kamus-kamus penderita! Aku yang mungkin...

Berusia 44 Tahun, IPMAPA Malang Diharapkan Jadi Rumah Bersama

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam perayaan usianya yang ke-44 Tahun, Organisasi Persatuan Orang Papua, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) di Kota Malang...

Pentas Seni Dalam Rangka HUT IPMAPA Malang, Beberapa Tradisi Papua Ditampilkan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang, dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan...

Perayaan HUT IPMAPA Malang, Diawali dengan Seminar

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang yang ke-44 Tahun, dimulai dengan kegiatan Seminar yang...

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...