Mahasiswa UNIPA Tuntut Keringanan Biaya SPP & Menolak Kuliah Online

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua –

Sulit mendapatkan akses atau pelayanan pendidikan karena mahalnya quota internet, minimnya sarana dan prasarana bagi mahasiswa untuk mengikuti kuliah online serta kuliah daring yang tidak efektif. Hal tersebut membuat mahasiswa Universitas Papua (UNIPA) turun ke jalan melakukan aksi damai di kompleks UNIPA, Jl. Gunung Salju Amban, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Senin (01/02/2021).

Setelah dihubungi media ini, wakil koordinator lapangan (Wakorlap) Yuliance Fanataf menegaskan bahwa aksi mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa/i peduli Kampus UNIPA itu merupakan murni dari keluhan para mahasiswa selama menghadapi kuliah online.

“Aksi damai ini murni dari Mahasiswa UNIPA sebagai luapan ekspresi atas kondisi yang dirasakan selama menjalani kuliah online. Yang kami tuntut dalam aksi ini adalah keringanan biaya kampus/ SPP dan tolak kuliah online,” tegas Fanataf kepada jurnalis diptapapua.com saat diminta keterangan.

Juga, dijelaskan dalam press release yang diterima bahwa dampak dari pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19 ini berdampak buruk pada ekonomi masyarakat. “Apalagi mahasiswa yang orang tuanya memiliki pekerjaan sebagai petani, nelayan dan lainnya yang hanya memiliki pendapatan rendah, pasti sangat kesulitan dalam biaya quota internet, biaya kampus/ SPP, ditambah lagi dengan makan dan minum sehari hari,” diterangkan dalam pernyataan sikap yang diterima pihak redaksi.

Dikatakan juga bahwa tujuan utama lahirnya Kampus UNIPA ialah untuk menjawab anak-anak Papua yang ekonominya lemah, dan motto UNIPA sendiri adalah “Ilmu Untuk Kemanusiaan”. Namun mahasiswa menilai tujuan utama berdirinya kampus tersebut dan mottonya kini mulai terkikis dan mengalami pemudaran oleh zaman. Bagi Mahasiswa, hal itu terbukti dengan meningkatnya biaya SPP secara tiba-tiba tanpa adanya sosialisasi terbuka.

Hal lainnya yang juga menjadi pertimbangan aksi damai Mahasiswa Unipa ini “Kampus UNIPA adalah salah satu kampus yang dibatasi aktivitas kuliah tatap muka hanya kuliah online atau daring. Namun, aula UNIPA sering digunakan untuk kepentingan atau pesta-pesta (acara nikah), padahal di dalam peraturan PSBB dilarang berkumpul atau berkerumun terutama dalam bentuk kumpulan massa”.

Berikut tuntutan aksi Mahasiswa UNIPA !

  1. Kami Seluruh Mahasiswa/ i Peduli Kampus UNIPA meminta kepada Rektor agar dapat menghentikan perkuliahan online dan segera mengaktifkan perkuliahan secara offline dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.
  2. Kami Mahasiswa/ i Peduli Kampus UNIPA meminta kepada Rektor sebagai pimpinan perguruan tinggi agar segera menindak lanjuti sesuai peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) tentang keringanan UKT bagi mahasiswa akibat finansial yang dilanda pandemi Covid-19 atau dapat melakukan relaksasi UKT baru di Kampus Universitas Papua (UNIPA).
  3. Kami Mahasiswa/ i UNIPA meminta dengan tegas kepada Rektor sebagai pimpinan tertinggi UNIPA, bahwa ketika melakukan rapat senat harus menghadirkan atau mengakomodir seluruh Mahasiswa/ i Universitas Papua (UNIPA).

"Obor Untuk Papua"

Maksimus Syufi
Maksimus Syufi
Jurnalis Dipta Papua

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

PUISI: Papua yang Hilang

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Namaku Papua! Aku yang mungkin lupa diucapkan oleh aksara dan rasa! Aku yang mungkin lupa ditulis oleh kamus-kamus penderita! Aku yang mungkin...

Berusia 44 Tahun, IPMAPA Malang Diharapkan Jadi Rumah Bersama

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam perayaan usianya yang ke-44 Tahun, Organisasi Persatuan Orang Papua, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) di Kota Malang...

Pentas Seni Dalam Rangka HUT IPMAPA Malang, Beberapa Tradisi Papua Ditampilkan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang, dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan...

Perayaan HUT IPMAPA Malang, Diawali dengan Seminar

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang yang ke-44 Tahun, dimulai dengan kegiatan Seminar yang...

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...