Berita

Melihat Aktivitas Sepi Baru, Penjual Ikan Tuna Di Distrik Aifat Utara Kabupaten Maybrat

Sepi Baru, saat menjual ikan tuna keliling menggunakan sepeda motor di wilayah Aifat Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat, Senin (01/06/2020). (Foto: Istimewa).

Berjualan Ikan Tuna Keliling Dengan Menggunakan Sepeda Motor

Sepi Baru adalah salah satu pemuda asli Papua yang saat ini tengah merintis usaha jualan ikan tuna keliling menggunakan sepeda motor di wilayah Aifat, Kabupaten Maybrat Provinsi Papua Barat. Seperti apa saja usaha penjualan ikan tuna keliling yang dilakukan Sepi Baru?

Laporan: Maxi Syufi- Maybrat

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam menggerakan ekonomi kreatif di berbagai daerah yang ada di Papua.

UMKM ini kebanyakan di manfaatkan oleh para pedagang dari luar Papua atau non Papua di berbagai sektor yang ada di Papua. Sementara untuk pedagang asli Papua (OAP) masih sangat kurang atau boleh dibilang sangat minim dalam bidang UMKM.

Khusus untuk pedagang ikan keliling antara wilayah, bahkan antara daerah jika dilihat sangat minim, bahkan hampir tidak ada OAP yang bergerak di bidang tersebut.

Namun demikian, hal ini dimanfaatkan oleh Sepi Baru untuk menjadi pedagang ikan keliling di Distrik Aifat Utara Kabupaten Maybrat yang dijalaninya selama kurang lebih empat bulan ini.

Menjadi pedagang ikan keliling di Kabupaten Maybrat dilihat oleh Sepi Baru sebagai peluang usaha di bidang UMKM yang sangat menjanjikan. Hal inilah yang mendorong dirinya memulai usaha selama kurang lebih empat bulan ini.

“Saya melihat ada peluang usaha ini, maka saya mulai merintis untuk usaha ikan tuna keliling selama empat bulan ini di Distrik Aifat Utara Kabupaten Maybrat,” katanya saat dikonfirmasi oleh diptapapua.com melalui telepon selulernya, Selasa (02/06/2020).

Selama ini sendiri yang berjualan ikan keliling ke Kabupaten Maybrat kebanyakan dari para pedagang ikan yang non Papua dari sorong. Ikan yang di jual di Kabupaten Maybrat biasanya di bawa dari Kabupaten dan Kota Sorong barulah di jual kepada masyarakat di Kabupaten Maybrat.

Hal inilah yang dilihat oleh Sepi Baru sebagai peluang usaha, sehingga dirinya memulau merintis penjualan ikan tuna yang dibeli dari Sorong untuk selanjutnya di jual kepada masyarakat di wilayah Aifat Kabupaten Maybrat.

“Ikan tuna yang saya jual ini sangat laris, karen para pelanggan selalu membeli ikan tuna dan penghasilannya cukup memuaskan,” ucap pemuda yang berasal dari Aifat Kabupaten Maybrat ini.

Hasil dari penjualan ikan tuna ini sangat memuaskan, karena keuntungannya yang didapat bisa diolah lagi untuk penjualan ikan tuna lagi.

Selain itu, keuntungannya juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya di Kabupaten Maybrat.

“Keuntungan cukup memuaskan, karena saya bisa gunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari,” katanya.

Warga masyarakat setempat yang biasa membeli ikan dari Sepi Baru merasa senang dan gembira, karena bisa membeli ikan dari pedagang asli Papua. Apalagi yang menjual ikan ini merupakan orang asli dari Kabupaten Maybrat.

Selama ini warga masyarakat membeli ikan dari pedagang non asli Papua yang membawa ikan dari Sorong untuk di jual di Kabupaten Maybrat. Sehingga dengan adanya pedagang asli Papua yang menjual ikan tentu pihaknya sebagai pelanggan sangat senang dan gembira.

“Saya senang dan gembira karena ada anak asli Aifat juga yang bisa berjualan ikan keliling,” kata Apolos Fatie.

Apolos berharap agar Sepi Baru tetap mengembangkan usaha berjualan ikan keliling di wilayah Aifat Kabupaten Maybrat.

Selain itu, kepada Pemda Kabupaten Maybrat untuk dapat memberikan dukungan terhadap Sepi Baru dalam pengembangan usaha penjualan ikan tuna keliling di Kabupaten Maybrat. Apalagi Sepi Baru merupakan orang asli Papua dan pemuda asli dari Kabupaten Maybrat.

“Saya berharap usaha ini tetap jalan dan Pemda Maybrat bisa memberikan dukungan terhadap usaha yang dijalankan oleh saudara Sepi Baru ini kedepan,” harapnya. (*).

0966
Redaksi Dipta Papua

You may also like

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita