Papua Akan Dimekarkan 5 Provinsi, Veronica: Ini Taktik Jakarta Merespon Maraknya Penolakan Otsus

JAKARTA, diptapapua.com – Menteri koordinator bidang politik, hukum dan keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD pada Jumat (11/9/2020) mengatakan Papua akan dimekarkan jadi lima Provinsi. Hal itu disampaikannya usai melakukan pertemuan dengan ketua MPR, Mendagri, Panglima TNI dan Kapolri membahas tentang Papua di kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. (dilansir dari Liputan6.com).

Menanggapi pernyataan tersebut, Pengacara HAM Veronica Koman mengatakan itu adalah strategi yang digunakan untuk merespon maraknya penolakan Otsus Jilid II oleh rakyat Papua.

“Elite Papua dijanjikan ‘surga’ oleh Jakarta untuk mengisi posisi-posisi baru yang lahir dari pemekaran, sehingga elite Papua setuju untuk perpanjang Otsus,” tulis Veronica pada dinding akun facebooknya (11/9/2020).

Pengacara HAM yang vocal membicarakan persoalan Papua ini, membeberkan bahwa ribuan keamanan akan dikirim ke Papua untuk mengisi tiga Kodam dan Polda baru.

“Ribuan aparat keamanan tambahan akan diterjunkan ke tanah Papua untuk mengisi tiga Kodam dan Polda baru. Ini untuk memperkuat NKRI, sedangkan rakyat Papua semakin tercekik dan pelanggaran HAM baru akan terus terjadi,” kata Veronica Koman.

Menurutnya pemekaran akan melibatkan orang-orang tertentu dalam MPR secara tertutup. “Katanya dasar pemekaran adalah untuk memenuhi amanat UU Otsus, tapi kenapa dalam implementasinya menggunakan aktor bantuan Jakarta yang tidak dikenal dalam kerangka UU Otsus,” tandas buronan NKRI yang kini mengasingkan diri di Australia.

Veronica meminta agar negara mendengarkan secara langsung aspirasi dari rakyat Papua. “Jakarta stop mendikte Papua, dengarkan aspirasi rakyat Papua,” tutupnya. (N/F: Maxi)

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

1 COMMENT

  1. Sangat Salute Kak Vero, engkaulah Yusuf, engkaulah Musa Bagi Bangsa West Papua Teruslah Berjuang, Bersuara, untuk membawah Keluar Bangsa West Papua Dari Perbudakan Negara Kesatuan Republik Indonesia….
    Kebenaran Tak Pernah disalahkan, Melainkan Akan Abadi selamanya….
    #FWP#
    Otsus Jilid II: No
    Referendum: Yes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...

Mahasiswa Mimika Se-Jawa Bali Tuntut Pihak YPMAK dan Pemda Mimika Serius Perhatikan Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Amolongo…Nimaowitimi…Amakanie…Kinaonak …Saipa … wa.wa.wa. Pendidikan adalah bekal yang harus dimiliki setiap orang untuk mencapai segala sesuatu yang telah menjadi target...

Mahasiswa Maybrat di Kota Surabaya Pertanyakan Pemda Maybrat Terkait Biaya Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten Maybrat gelontorkan dana sebesar Satu Miliar (1M) kepada Calon Siswa (Casis) Bintara dari...

Papua Bercerita

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Orang Papua penting menceritakan kisah nyata dalam keseharian hidup nya. Cerita masa dulu, sekarang dan waktu akan datang. Potret kehidupan...

Breaking News: Polisi Tangkap 62 Massa Aksi di Jayapura

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Aksi damai mahasiswa dan rakyat Papua di Jayapura pada Selasa, (2/04/2024) dibubarkan dengan paksa oleh aparat kepolisian dan sebanyak...