Polisi Bubarkan Aksi Mahasiswa USTJ, Beberapa Orang Ditangkap

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua –

Sejumlah mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USJT) melakukan aksi unjuk rasa dengan membentangkan bendera bintang kejora di halaman kampus USTJ, Kamis (10/11/2022).

Aksi mimbar bebas tersebut dilakukan mahasiswa dalam rangka memperingati hari kematian tokoh kemerdekaan Papua Barat, Theys Hiyo Eluay, 10 November 2001.

Dan aksi ini juga dilakukan sebagai bentuk penolakan atas dialog Komnas HAM dengan sejumlah tokoh politik Papua Merdeka dan gereja.

Adapun kronologi kejadian, menurut keterangan resmi yg dilaporkan Cris Dogopia kepada media ini.

Pagi pukul, 12.20 Waktu Papua, mahasiswa melakukan Aksi mimbar bebas di halaman Kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura. Aksi Mimbar bebas berlangsung secara aman dan damai. Dan mahasiswa melakukan berbagai orasi-orasi.

Pukul, 13.00 Waktu Papua Kepolisian Republik Indonesia Daerah Papua masuk menggunakan mobil patroli 1 buah, kijang patroli masuk ke dalam lingkungan kampus.

Pukul, 13.40 – 14.00 Waktu Papua, kepolisian Indonesia dengan paksa membubarkan Aksi Mimbar Bebas Mahasiswa USTJ di lapangan kampus. Dalam pembubaran itu, Polisi dengan paksa mengambil atribut aksi berupa dua buah Bintang Fajar dan beberapa pamflet Aksi.

Pukul 14.00 – 15.00 Waktu Papua, polisi dengan paksa menerobos kampus USTJ. Mahasiswa USTJ tidak terima akan kedatangan pihak polisi. Akhirnya mahasiswa Menutup Pintu Gerbang Masuk Kampus USTJ.

Polisi dan Brimob tidak terima pintu Gerbang kampus ditutup, sehingga pihak aparat gabungan dengan paksa mendobrak pintu kampus USTJ. Aparat gabungan kemudian menembakan gas air mata dan peluru ke arah Mahasiswa USTJ.

Di dalam lingkungan Kampus, secara membabi buta aparat Gabungan dengan paksa memerintah mahasiswa tidak mengambil gambar atau video dan disuruh menghapus video dan gambar yang sudah diambil.
Terjadi pemukulan dan penangkapan terhadap mahasiswa USTJ.

Keterangan Tambahan:

Beberapa Mahasiswa terlibat dan ditangkap:
1. Ernesto Matuan
2. Devio B.Tekege
3. Ambrosius Elopere
4. Eko Ukago
5. Nobertus Dogopia
6. Matius Mabel
7.  Andy You

Adapun sekitar 4 orang mahasiswa yang belum terkonfirmasi namanya!

“Saat ini Mahasiswa yang ditangkap dibawa ke kantor Polisi. Belum diketahui, apakah Polresta Jayapura Kota atau Polsek Abepura,” tulis Cris Dogopia dalam keterangannya.

[Reporter: Jeffry Badii]

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...

Mahasiswa Mimika Se-Jawa Bali Tuntut Pihak YPMAK dan Pemda Mimika Serius Perhatikan Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Amolongo…Nimaowitimi…Amakanie…Kinaonak …Saipa … wa.wa.wa. Pendidikan adalah bekal yang harus dimiliki setiap orang untuk mencapai segala sesuatu yang telah menjadi target...

Mahasiswa Maybrat di Kota Surabaya Pertanyakan Pemda Maybrat Terkait Biaya Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Belum lama ini, Pemerintah Kabupaten Maybrat gelontorkan dana sebesar Satu Miliar (1M) kepada Calon Siswa (Casis) Bintara dari...

Papua Bercerita

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Orang Papua penting menceritakan kisah nyata dalam keseharian hidup nya. Cerita masa dulu, sekarang dan waktu akan datang. Potret kehidupan...

Breaking News: Polisi Tangkap 62 Massa Aksi di Jayapura

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Aksi damai mahasiswa dan rakyat Papua di Jayapura pada Selasa, (2/04/2024) dibubarkan dengan paksa oleh aparat kepolisian dan sebanyak...