Potret Aksi Mahasiswa Papua di Malang

Respon mahasiswa Papua yang tergabung dari Front Rakyat Indonesia Untuk West Papua (FRI-WP) di kota Malang, Jawa Timur. Aksi berlangsung di Simpang Empat jalan Semeru-Kehuripan Kota Malang yang dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 itu, diwarnai dengan orasi secara bergantian, teatrikal serta pembacaan pernyataan sikap atau tuntutan. Berikut potretannya!

Salah satu mahasiswa saat orasi menyampaikan tuntutannya di tengah aparat keamanan (15/06). (Foto: Maksimus Syufi)
Potret gambar wajah para tahanan politik (Tapol) Papua yang kini ditahan di pengadilan Negeri Balikpapan Sumatera Utara, (15/06). (Foto: Maksimus Syufi)
Pertunjukan teatrikal oleh massa aksi yang menggambarkan realita penindasan terhadap orang Papua, (15/06) (Foto: Maksimus Syufi)
Mewakili perempuan Papua, dia berdiri di tengah aparat kepolisian menyampaikan realita dan juga keluh orang Papua tanpa ragu, (15/06). (Foto: Maksimus Syufi)
Sebagai orang Indonesia yang sadar terhadap berbagai kekerasan, penindasan, pemerkosaan terhadap orang Papua, mereka berlutut dan sujud di depan orang Papua untuk meminta maaf atas perbuatannya, (15/06). (Foto: Maksimus Syufi)
Bukan tentang yang rambut keriting atau yang berkulit hitam, tetapi siapa pun yang sadar terhadap realita di Papua, dia akan turun ke jalan, teriak tanpa takut demi keadilan, kesejahteraan dan kehidupan yang layak bagi orang Papua, (15/06). (Foto: Maksimus Syufi)
“Si Vis Pacem, Para Bellum” (Jika kamu menginginkan perdamaian maka bersiaplah untuk perang). Tidak ada kemerdekaan yang diberikan gratis, bersiaplah untuk melewati jalan perjuangan, pengorbanan, penderitaan hingga pertumpahan darah demi meraih kebebasan yang seutuhnya, (15/06) (Foto: Maksimus Syufi)
Selamat Berjuang di Jalan Sunyi. (Foto: Maksimus Syufi)

Semua gambar di atas, dipotret oleh reporter diptapapua.com saat aksi mahasiswa Papua bersama FRI-WP di Malang (15/06/2020). Aksi yang berlangsung kurang lebih dua jam itu, menuntut keadilan terhadap 7 Tapol Papua di Balikpapan yang diberi sanksi 5-17 tahun penjara. (N/F: Maxi)

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

PUISI: Papua yang Hilang

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Namaku Papua! Aku yang mungkin lupa diucapkan oleh aksara dan rasa! Aku yang mungkin lupa ditulis oleh kamus-kamus penderita! Aku yang mungkin...

Berusia 44 Tahun, IPMAPA Malang Diharapkan Jadi Rumah Bersama

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam perayaan usianya yang ke-44 Tahun, Organisasi Persatuan Orang Papua, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) di Kota Malang...

Pentas Seni Dalam Rangka HUT IPMAPA Malang, Beberapa Tradisi Papua Ditampilkan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang, dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan...

Perayaan HUT IPMAPA Malang, Diawali dengan Seminar

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang yang ke-44 Tahun, dimulai dengan kegiatan Seminar yang...

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...