Sempat Viral videonya di Jenewa Swiss, Ini Klarifikasi Ketua MRP Timotius Murib

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua –

Ketua Majelis Rakyat Papua (MRP) Timotius Murib memberikan klarifikasi atas video singkat terkait dirinya di Jenewa, Swiss beberapa hari lalu. Video dengan durasi 0.42 detik tersebut, viral di media sosial.

Murib mengatakan, setelah melihat percakapan atau komentar terhadap vieonya yang tersebar pada beberapa platform media sosial, terlihat cenderung tendensius.

“Saya diundang personal sebagai panelis dan difasilitasi. Bukan menggunakan perjalanan dinas dari MRP oleh pengundang untuk mengikuti diskusi kritis sebagai masukan bagi UPR di Geneva, Swiss,” kata Murib dalam keterangannya yang diterima Dipta Papua.

Universal Periodic Review atau UPR merupakan forum tukar-menukar pandangan sesama pemerintah dalam pemajuan dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM), termasuk untuk penghormatan hak bagi kelompok Penyandang Disabilitas.

Mekanisne UPR merupakan suatu kerjasama tinjau ulang 4 tahunan yg adil, di mana seluruh negara anggota PBB berkesempatan untuk dikaji ulang ataupun menjadi negara yg memberikan pandangan serta rekomendasi HAM-nya. Termasuk juga Indonesia yang diwakili Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi beserta rombongannya.

“Yang diundang menjadi Panelis dalam diskusi kritis tersebut, bukan hanya MRP, tapi ada juga Beka Ulung Hapsara (Anggota Komnas HAM), Andy Yentriyani (Anggota Komnas Perempuan), Usman Hamid (Direktur Amnesty Internasional Indonesia), Dr. Benny Giay (Dewan Gereja Papua), dan para tokoh lainnya yang fokus pada isu HAM,” ajar Ketua MRP.

Terkait video singkat yang merekam Ketua MRP berada di depan Markas Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) itu, beredar pada beberapa platform media sosial. Dalam video singkat tersebut, ketua MRP, Timotius Murib menyampaikan harapannya atas perjuangan rakyat Papua untuk bebasa dari segala macam penindasan.

“Hari ini kami sedang berjuang untuk kebebasan Rakyat Papua, agar bisa berdiri sendiri seperti bangsa lainnya. Tetap berjuang!,” pungkasnya.

[Reporter: Jeffry Badii]

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

Mama-mama Pedagang Pasar Boswesen Tuntut Bangun Pasar Khusus OAP

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - (Oleh: Yohanis Mambrasar) "Tulisan ini saya buatkan sebagai informasi kepada semua pihak, khususnya para pengambil kebijakan di tingkat daerah...

Darurat Demokrasi! Asrama Mahasiswa Papua di Bali Masih Dikepung

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua -  Sejak kemarin (16/11/2022) hingga malam ini (17/11), Mahasiswa Papua yang berada di Asrama Putera Mahasiswa Papua di Bali, masih...

Isi Sambutan Majelis Rakyat Papua Pada Sidang Tahunan UPR UN Geneva 2022

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Selamat Pagi dan Salam Sejahtera (Greetings) Hadirin sekalian yang terhormat, saya senang sekali dengan pertemuan ini dan berterima kasih...

Breaking News: Aparat Kepolisian Hingga Ormas Kepung Asrama Mahasiswa Papua di Bali

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Diinformasikan melalui halaman Facebook Aliansi Mahasiswa Papua-AMP, bahwa sejumlah aparat kepolisian, Intel, Satpol PP dan Ormas sedang mengepung...

Urgent! Aksi BEM Se-Jayapura Direpresif: Tujuh Orang Ditangkap dan Yang Lainnya Luka-luka

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam keterangan yang diterima media ini, aparat gabungan (TNI/Polri) membubarkan, memukul, menangkap serta menembakan gas air mata terhadap...