Terhitung Sudah Lima Hari, Tiga Mantan Tapol Papua Masih Diinterogasi

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua –

Tiga mantan Tahanan Politik Mahasiswa Papua Pengibar Bintang Fajar (01 Desember 2021 lalu) di GOR Cenderawasih Jayapura, hingga saat ini, masih ditahan di Polresta Jayapura kota.

Hal ini dikatakan Cristian Dogopia kepada Dipta Papua, Minggu (13/11/2022). Dia mengatakan, tiga orang mantan Tapol itu kembali ditangkap lantas mengibarkan Bendera Bintang Fajar di Kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, Kamis, 10 November 2022, saat melakukan Aksi Mimbar bebas.

“Tiga mantan Tapol itu diantaranya, Yosep Ernesto Matuan, Devio Basten Tekege dan Ambrosius Elopere,” jelasnya. Selain mereka bertiga, ada juga enam mahasiswa lainnya yang masih ditahan di Mapolresta Jayapura.

Terhitung sejak hari Kamis, 10 November 2022, Pihak Kepolisian Republik Indonesia masih menahan mereka hingga saat ini. Dogopia mengatakan belum diketahui pasti apakah mereka akan diproses lanjut penyidikan atau penyelidikan.

“Untuk tiga mahasiswa mantan Tapol, kemungkinan akan kembali dikenakan pasal Makar (Pasal 106 junto 110),” beber Dogopia.

Keterangan Tambahan:

Ernesto, Ambo dan Devio adalah 3 Mahasiswa Papua, Mantan Tahanan Politik Papua, Pengibar Bintang Fajar di Gedung Olahraga Cenderawasih Jayapura, pada 01 Desember 2021.

Kamis, 10 November 2022, di Kampus Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, 3 Mantan Tapol tersebut kembali ditangkap karena mengibarkan Bintang Fajar dalam Aksi Mimbar Bebas Memperingati 21 Tahun Penculikan dan Pembunuhan Dortheys Hiyo Eluay (10 November 2001-10 November 2022).

Pada 27 September 2022, bersama 4 Mahasiswa lainnya, mereka dibebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan klas IIA Abepura, Jayapura.

Selang 1 bulan 14 hari, mereka kembali ditangkap karena kibarkan Bintang Fajar (10 November 2022). Dari 15 Mahasiswa yang ditangkap, 6 orang telah dibebaskan, 9 orang masih ditahan.

[Reporter: Jeffry Badii]

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

PUISI: Papua yang Hilang

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Namaku Papua! Aku yang mungkin lupa diucapkan oleh aksara dan rasa! Aku yang mungkin lupa ditulis oleh kamus-kamus penderita! Aku yang mungkin...

Berusia 44 Tahun, IPMAPA Malang Diharapkan Jadi Rumah Bersama

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam perayaan usianya yang ke-44 Tahun, Organisasi Persatuan Orang Papua, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) di Kota Malang...

Pentas Seni Dalam Rangka HUT IPMAPA Malang, Beberapa Tradisi Papua Ditampilkan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang, dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan...

Perayaan HUT IPMAPA Malang, Diawali dengan Seminar

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang yang ke-44 Tahun, dimulai dengan kegiatan Seminar yang...

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...