Terobosan Baru, Kepala Kampung Inofina Hadirkan Penerangan Kampung

TELUK BINTUNI, diptapapua.com – Kepala Kampung Inofina Tobias Yafies penuhi kebutuhan masyarakat dengan menghadirkan alat penerangan berupa Solar cell dan Aki bagi masyarakat Kampung Inofina, Distrik Moskona Utara, Kabupaten Teluk Bintuni.

“Sudah 10 buah Aki yang diangkut, masih sisa 16 buah, Solar Cell 24 unit sudah diangkut juga masih sisa 134 unit. Saya akan 4 kali carter pesawat lagi untuk angkut yang sisa itu,” jelasnya kepada diptapapua.com via Whatsapp, Senin (22/06/2020)

Pihaknya mengaku sudah meminta kepada Pemerintah Teluk Bintuni untuk beri bantuan penerangan bagi masyarakat kampung Inofina, namun permintaan tersebut tidak diindahkan oleh pemerintah.

“Pemerintah tidak tanggapi maka saya gunakan dana desa dari pusat untuk membeli Solar Cell 13 unit, Aki 26 buah dan tiap rumah akan dapatkan. Semua ini digunakan untuk kebutuhan di rumah, seperti TV, Mesin Cuci, kulkas, kipas angin dll,” beber Yafies.

Alat penerangan yang dibawa menggunakan pesawat dari Kabupaten Manokwari ini pun hanya bisa sampai di Bandara Moyeba, jadi “Alat penerangan ini kami sendiri akan angkut dengan berjalan kaki dari Moyeba melewati hutan sepanjang 4 kilo Meter hingga tiba di Kampung Inofina”.

Kepala Kampung Inofina ini, mengatakan hal ini dilakukan atas permintaan seluruh masyarakat. “Apapun itu saya akan perjuangkan untuk masyarakat,” kata Yafies.

“Sebenarnya kami sudah rencanakan ini semenjak tahun 2018, namun pada 2019 batal karena dana digunakan untuk pembangunan lainnya, sehingga pada 2020 ini baru diwujudkan,” tambahnya.

13 unit Solar Cell dan 26 buah Aki ini akan diberikan kepada seluruh masyarakat dan juga akan diserahkan kepada pihak Pendidikan, Aktivitas Pemerintah Kampung dan juga kepada pihak gereja.

“Saya lihat di Kabupaten atau Distrik yang lain sudah ada penerangan, lalu kami di sini kenapa belum, maka sekarang saya adakan penerangan untuk semua orang di Kampung Inofina ini,” tutur Tobias Yafies.

Kemudian, Yafies berharap kepada Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni atau bidang terkait untuk membangun jalan menuju Kampung Inofina. “Karena pesawat hanya sampai di Moyeba dan untuk ke Inofina kami harus berjalan kaki selama 4 kilo Meter, maka Pemda tolong untuk bangun jalan,” harapnya.

Sembari menutup, Tobias Yafies mengucapkan Motto Kampung Inofina “Bersatu, Bergandeng Tangan Membangun Inofina Maju, Mandiri dan Bersaing”. (N/F: Maxi)

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

PUISI: Papua yang Hilang

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Namaku Papua! Aku yang mungkin lupa diucapkan oleh aksara dan rasa! Aku yang mungkin lupa ditulis oleh kamus-kamus penderita! Aku yang mungkin...

Berusia 44 Tahun, IPMAPA Malang Diharapkan Jadi Rumah Bersama

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam perayaan usianya yang ke-44 Tahun, Organisasi Persatuan Orang Papua, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) di Kota Malang...

Pentas Seni Dalam Rangka HUT IPMAPA Malang, Beberapa Tradisi Papua Ditampilkan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang, dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan...

Perayaan HUT IPMAPA Malang, Diawali dengan Seminar

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang yang ke-44 Tahun, dimulai dengan kegiatan Seminar yang...

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...