Perayaan HUT IPMAPA Malang, Diawali dengan Seminar

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua –

Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang yang ke-44 Tahun, dimulai dengan kegiatan Seminar yang memaparkan dua materi.

Kegiatan yang bertempat di Aula PMKRI, Jl Mayjen Panjaitan Kota Malang, pada Minggu (16/06/2024) itu, diawali dengan materi pertama bertopik “Perspektif Humanisme Terhadap Palanggaran HAM di Papua” yang dibawakan oleh Koordinator LBH Pos Malang, Daniel Alexander Siagian.

Selain itu, materi kedua dibawakan oleh Melkior Siktokdana, Dosen UKSW Salatiga dengan tema “Membangkitkan Minat Berorganisasi Berbasis Budaya Menuju Generasi Muda-Mudi Papua yang Unggul dan Bermartabat”.

Seminar ini dilakukan dalam HUT IPMAPA, dengan tujuan mendorong para Mahasiswa untuk melihat secara jelas berbagai persoalan yang terjadi di Papua.

“Kita harus bersatu untuk melihat berbagai masalah yang terjadi di Papua,” pesan ketua IPMAPA Malang, Alius Wandik dalam sambutannya.

Juga diharapkan oleh ketua Pelaksana kegiatan, Hendrika Keiya “kita harus saling merangkul, berkumpul, bersatu, berorganisasi demi membentuk diri kita sendiri”.

Kegiatan tersebut juga diapresiasi oleh Pemateri kedua, Melkior Siktokdana “IPMAPA Malang sangat luar biasa, bisa melaksanakan kegiatan Seminar. Organisasi lain di Kota lain belum buat seminar seperti ini”.

“Tunjukan kalau orang Papua juga bisa eksis di luar Papua,” ucap Dosen UKSW Salatiga itu dalam pengantar Seminar.

Perayaan HUT IPMAPA Malang yang berdiri sejak 10 Mei 1980 tersebut, akan dimeriahkan oleh pentas seni dari tiap daerah di Papua, seperti penampilan Tarian Adat, Teatrikal, Menyanyi, serta juga Puisi dan Mob.

[Reporter: Maksimus Syufi]

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

PUISI: Papua yang Hilang

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Namaku Papua! Aku yang mungkin lupa diucapkan oleh aksara dan rasa! Aku yang mungkin lupa ditulis oleh kamus-kamus penderita! Aku yang mungkin...

Berusia 44 Tahun, IPMAPA Malang Diharapkan Jadi Rumah Bersama

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam perayaan usianya yang ke-44 Tahun, Organisasi Persatuan Orang Papua, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) di Kota Malang...

Pentas Seni Dalam Rangka HUT IPMAPA Malang, Beberapa Tradisi Papua Ditampilkan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang, dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan...

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...

Mahasiswa Mimika Se-Jawa Bali Tuntut Pihak YPMAK dan Pemda Mimika Serius Perhatikan Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Amolongo…Nimaowitimi…Amakanie…Kinaonak …Saipa … wa.wa.wa. Pendidikan adalah bekal yang harus dimiliki setiap orang untuk mencapai segala sesuatu yang telah menjadi target...