25.6 C
Special Region of Papua
Thursday, January 21, 2021

Strategi Penguatan Potensi Pemuda Tambrauw Dalam Menjawab Tantangan Zaman

Penulis: Izak Bofra

Sejarah perubahan dunia, motor pengeraknya  adalah pemuda, karena pemuda identic dengan sebutan (Agen of change)  agen perubahan yang memiliki semangat atau Idealisme yang kuat bagi suatu cita-cita besar menuju suatu tatanan peradabaan yang lebih adil dan baik. Anti kekuasaan yang refresif. Kritis dalam melihat dinamika social, ekonomi, politik, budaya yang selalu berubah-ubah. Serta memiliki suduat pandang yang konstruktif dalam memberi sumbangsih pemikiran yang berguna bagi suatu perubahan yang lebih maju dan berkeadialan bagi  kehidupan.

Tantangan zaman hari ini cukup kompleks dalam segala aspek kehidupan dan kalau tidak disikapi secara bijak dapat mengancam masa depan kemanusian. Apa saja ancaman tersebut yakni Krisis identita diri, Hedonisme, Konsumerisme, Individualisme yang telah mengkoptasi karakter kaum muda. Krisis identitas yang mengakibatkan individu mengalami disorientasi atau kehilangan tujuan hidup sehingga terjebak pada kebiasaan yang bersifat negative yang akan menghancurkan potensi pemuda tersebut. Hedonisme menjadi pola hidup yang  menyerumuskan kaum muda pada cara pandang yang serba elit atau lebih peduli pada penampilan diri sehingga realistas social yang membutuhkan peran dari kaum muda terlupakan sehingga ketidakadialan, Marjinalisasi, KKN, Eksploitasi alam, Pelanggaran Ham semakin massif dan merajalela yang menghancurkan eksistensi kehidupan manusia. Konsumerisme kebiasaan hidup kaum muda yang lebih mengidolakan kehidupan yang penuh dengan materi dan kebiasan yang serba Baratnisasi, Indianiasasi, Korenisasi, Jakartanisasi dari cara pandang, cara bicara, cara berpakaian, cara makan serta kebiasaan lainya dan ini sangat mengancam habitus kultural sebagai suatu suku bangsa. Individualisme adalah antitesa dari prinsip Kapitalisme dimana keakuan lebih dominan untuk berpikir dan bertindak atas dasar kepentingan diri sendiri, egoisme pribadi, dan melupakan manusia lainya, tidak peduli pada persoalan social yang sedang dialami oleh orang lain serta persoalan social yang sedang terjadi yang mengancam eksistensi kehidupan bersama sebagai mahlub social hal tersebut adalah sebuah fakta yang sedang berkembang dalam kehidupan kaum muda secara umum dan Tambrauw secara khusus. Problem kaum muda hari ini kalau tidak disikapi secara kritis maka masa depan sebuah kehidupan menjadi suram senada dengan perkataan Tokoh Reformasi Amien Rais bahwa kaum muda hari ini sedang berada pada krisis multidimensional yakni krisis moral, ekonomi, politik, SDM, budaya, dan seterusnya. Hal ini kalau tidak direspon dengan kritis maka tidak akan terjadi perubahan social yang bersifat radikal.

Srategi Penguatan Kaum Muda Tambrauw

Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI)  adalah wadah atau ruang berhimpun organisasi kemasyaratan pemuda dan potensi pemuda secara umum yang harus dikonsolidasikan secara massif dan kontinyu guna memberikan prioritas orientasi terhadap pemberdayaan pemuda dan masyarakat secara menyeluruh agar lahir gerakan bersama yang dimotori oleh KNPI untuk menjadi actor pendorong agar terwujud perubahan social. Untuk menjadi motor pengerak KNPI harus melakukan evaluasi total atas kevakuman KNPI Tambrauw yang cukup selama selama beberapa tahun belakangan ini, dan menyusun progress yang terencana secara berjenjang dan berkelanjutan agar ada target dan output yang dihasilkan dalam setiap realiasi program KNPI periode 2020-2023.

Kevakuman KNPI Tambrauw telah mengakibatkan proses pemberdayaan kaum muda tidak terjembatani dengan baik serta proses kaderisasi kaum muda tersendat sehingga potensi pemuda kehilangan orientasi tujuan yang jelas serta kaum muda Tambrauw hari ini tidak memiliki semangat bersama sebagai kekuatan untuk mengontrol proses pembangunan dan dinamika social yang sedang terjadi diTambrauw karena kaum muda terjebak pada pandangan egosentris kesukuan, agama, politik yang dapat mengancam masa depan eksistensi pemuda dan peradabaan Tambrauw ke depan. Banyak problem social yang hari ini terjadi antara lain kaderisasi politik yang tidak signifikan sehingga potensi pemuda tidak terakomodir secara baik dalam wadah politik, Marjinalisasi ekonomi yang melebar antara pendatang dan orang asli Tambrauw, akses infrastruktur yang buruk sehingga mengakibatkan distribusi barang dan jasa tidak terakses dengan baik akibatnya masyarakat yang mengalami dampaknya secara langsung,pendidikan yang jauh dari harapan baik penyediaan sarana prasarana maupun tenaga pendidiknya, Kesehatan yang belum memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dan juga potensi wisata Tambrauw yang masih alami dan memiliki spot yang menjanjikan belum sepenuhnya tersosialisasikan dengan baek kepada pecinta traveling wisata serta gagalnya perempuan Tambrauw dalam pangung legislative. Sedangkan factor ekstenal yaitu wabah covid-19 yang mengancam keselamatan manusia Tambrauw, Isu seputar pro dan kontra terkait dengan polemic Otsus terus berlanjut, UU Omnus Law yang akan menghancam eksistensi masyarakat adat dan hutan papua serta pasar bebas yang terus melebarkan sayapnya dengan jargon kerjasama bilateral yang akan mengeruk habis Sumber daya alam kita karena variabel eksternal sadar atau tidak akan mempengaruhi kehidupan kita dewasa ini diPapua dan Tambrauw secara khusus.

Beragam problem tersebut membutuhkan kehadiran pemuda untuk menjawabnya,karena pemuda adalah (agen of change) agen perubahan. (agen of control ) Agen kontrol dan (agen of social forces) agen perubahan sosial yang dibutuhkan kehadiranya guna melakukan suatu langkah-langkah taktis guna memimalisir segala  ancaman sedang terjadi diabad 20 ini, maka pemuda sangat dibutuhkan untuk menjadi agen  perekayasaan social untuk menuju suatu tatanan kehidupan yang lebih adil, makmur, sejahtera serta menjamin tetap tegaknya harkat dan martabat sebagai manusi. Mencermati dinamika serta beragam problem yang terjadi maka melalui momentum kebangkitan KNPI Tambrauw setelah lama mati suri maka diharapkan ada gebrakan-gebrakan baru yang radikal, sistematis, teroganisir dengan baik dan termanajemen organisasi yang efektif serta efisien agar focus pada produktifitas kerja yang terlembagakan dalam komposisi struktur KNPI Tambrauw yang berjumlah 28  bidang maka pelaksanaan proker DPD KNPI Tambrauw periode 2020-2023 dalam melaksanakan progress harus lebih focus pada ruang lingkup antara lain. Lingkup organisasi dan kaderisasi, pengembangan sumber daya manusia. penguatan pada bidang politik, ekonomi, social budaya dan pengkajian khusus progress kerja OPD/SKPD diwilayah pemerintahan Kabupaten Tambrauw.

Rekomendasi Progres dan Strategi

Rekomendasi Proker untuk dikonsolidasikan bersama pengurus sesuai dengan kebutuhan serta diselaraskan dengan visi dan Misi ketua KNPI Terpilih. Strategi adalah suatu cara yang digunakan dalam memformulasikan program berdasarkan skala kebutuhan sehingga ada output yang dihasilkan oleh setiap bidang.Strategi dapat dibagi menjadi dua yaitu Strategi Jangka Pendek dan Strategi Jangka Panjang.

Strategi Jangka Pendek dan Panjang. Pertama segera melakukan konsolidasi organisasi kepemudaan kemasyarakatan (OKP) yang berhimpun dalam naungan KNPI sehingga dapat menjadi patner yang dapat saling mensuport dan berbagi peran dalam penguatan kapasitas kepemudaan dalam setiap jenjang. Kedua Melakukan konsolidasi basic dalam hal ini   KNPI Tingkat Distrik agar ada kegiatan yang bersifat konsruktif dan pemberdayaan kaum muda pada tingkat Distrik. Ketiga Membangun kemintraan atau kerjasama dengan dinas perindakop dan Balai Latian Kegiatan ( BLK ) untuk mendistribusikan pemuda agar mengikuti kegiatan pelatihan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan zaman sehingga dengan sofskil yang dimiliki mereka dapat menciptakan lapangan kerja sendiri atau mampu terserap pada setiap permintaan tenaga kerja. Keempat membangun kerjasama dengan yayasan Bina Bumi Cenderawasih (Binterbusi-Papua) untuk mendorong kerjasama kegiatan pelatihan kepemimpinan Tingkat dasar, Tingkat Menengah, Tingkat lanjut untuk Pelajar dan mahasiswa Tambrauw Se-Indonesia guna mempersiapkan diri dalam mengambil bagian dalam proses pembangunan diTambrauw secara khusus dan papua secara umum. Kelima meningkatkan potensi pemuda yang konsen pada wiraswasta dengan penguatan kapasitas pelatihan manajemen keungan dan penyertaan modal usaha agar terwujud pribadi yang mandiri, inovatif, kreatif dan entrpeneruship. Keenam Mendorong lembaga pembentukan lembaga kajian (Think Tank) sebagai medium untuk melakukan studi kritis terhadap isu-isu social kemasyarakatan yang sedang berkembang dan terjadi guna menghasilkan suatu konsep terencana yang menjadi rekomendasi yang konsutruktif kepada pemangku kepentingan. Ketujuh Pembuatan Website atau media untuk mendorong kreaktifitas kaum muda dalam menyalurkan potensi Jurnaslisti serta tulis menulis dan juga sebagai instrumen untuk mempromosikan potensi wisata Tambrauw serta mengangkat setiap problem social yang terjadi diTambrauw dan Papua secara umum. Kedelapan membuat kegiatan olahraga secara kontinyu dan rutin setiap tahun untuk menyerap potensi pemuda yang memiliki minat dibidang olahraga serta mencegah pemuda agar tidak terjebak pada pola hidup yang negative sehingga kegiatan olahraga perlu untuk diperkuat serta dilakukan.

Pemuda adalah barometer perubahan oleh sebab itu pemuda musti diwadahi dan diransang secara massif agar progress dari KNPI Tambrauw periode 2020-2023  dapat menghasilkan output yang signifikan bagi akselerasi dan kaderisasi pemuda Tambrauw ke depan karena masa depan pembangunan bagi suatu bangsa pemuda adalah garda terdepanya sehingga karakter,jiwa kepemimpina, jiwa entrepreuship, potensi yang dimiliki harus dijembatani dengan baik agar ada perubahan yang mengakar bagi seluruh potensi pemuda di Tambrauw. Ketika pemuda mengalami suatu transedensi hidupnya maka perubahan yang hakiki bagi Tambrauw akan juga terwujud menuju Tambrauw yang lebih maju, sejahtera, adil serta bermartabat.

Salam Pemuda!

"Obor Untuk Papua"

Related Articles

Ternyata! DPRD Tambrauw Buang Aspirasi Mahasiswa ke Tempat Sampah

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Demonstrasi yang dilakukan mahasiswa Tambrauw Kota belajar Jayapura berlangsung selama dua hari (6-7 Januari) di Distrik Feef tersebut, dilaporkan...

Persipura Jayapura Bubar Karena Politik

Oleh: Martinus Daniel Ajokwapi Persipura  bubar karena politik dari Jakarta, mengapa ? kembali melihat pada tim yang diutus untuk mewakili Indonesia bertanding di liga AFC....

Panas! Bakar Ban Hingga Pecahkan Kaca Gedung DPRD, Mahasiswa Tuntut Janji DPRD Tambrauw

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Sudah 7 tahun aspirasi mahasiswa Tambrauw di Jayapura terkait pembangunan asrama definitif belum mendapatkan jawaban dari pihak pemerintah...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

Ternyata! DPRD Tambrauw Buang Aspirasi Mahasiswa ke Tempat Sampah

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Demonstrasi yang dilakukan mahasiswa Tambrauw Kota belajar Jayapura berlangsung selama dua hari (6-7 Januari) di Distrik Feef tersebut, dilaporkan...

Persipura Jayapura Bubar Karena Politik

Oleh: Martinus Daniel Ajokwapi Persipura  bubar karena politik dari Jakarta, mengapa ? kembali melihat pada tim yang diutus untuk mewakili Indonesia bertanding di liga AFC....

Panas! Bakar Ban Hingga Pecahkan Kaca Gedung DPRD, Mahasiswa Tuntut Janji DPRD Tambrauw

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Sudah 7 tahun aspirasi mahasiswa Tambrauw di Jayapura terkait pembangunan asrama definitif belum mendapatkan jawaban dari pihak pemerintah...

Massa: Gedung DPRD Tambrauw Akan Dibakar Jika Aspirasi Mahasiswa Diabaikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Terhitung semenjak 2013 lalu, Ikatan Mahasiswa Tambrauw Kota Studi Jayapura berkali-kali melayangkan aspirasi kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)...

32 Tahun Menjadi Guru, Awalnya Hanya Memiliki Gaji Honorer Sebesar 25 Ribu Rupiah

Menjadi guru adalah tugas yang luhur dan mulai. Oleh karena itu, tak heran jika guru selalu dijuluki sebagai pahlawan tanpa jasa. Hal inilah yang...