Ini Pesan Bupati dan Ketua KNPI Tambrauw Untuk Pemuda

DIPTAPAPUA.com – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tambrauw resmi dilantik pada 19 November 2020 di Sausapor, Kabupaten Tambrauw, oleh Sekretaris KNPI Provinsi Papua Barat, Jemi Liunsanda.

Pada moment pelantikan itu, Bupati Tambrauw Gabriel Assem dalam sambutannya berharap agar KNPI Tambrauw kembali bangkit sebagai wadah bagi pemuda untuk mengolah potensi yang dimiliki, sehingga berguna bagi masyarakat.

“Pelantikan KNPI menjadi momentum kebangkitan pemuda, karena pemuda adalah harapan daerah dan masyarakat secara keseluruhan. KNPI harus menjadi ruang dan wadah bagi pemuda untuk mengembangkan diri dan mengolah potensi yang dimiliki agar menjadi kekuatan bagi seluruh elemen pemuda dan berguna bagi kelangsungan pembangunan di Kabupaten Tambrauw,” kata Bupati Assem.

Dia berharap agar pemuda memanfaatkan kesempatan ini dengan melakukan hal-hal yang positif, karena pemuda adalah masa depan bangsa. “Pemuda adalah pemilik masa depan, sehingga kesempatan ini dimanfatkan secara baik dan bijak dengan membangun diri secara positif, belajar, berorganisai dengan baik, memperkuat soft skil, sehingga potensi tersebut menjadi kekuatan demi kebangkitan pemuda dan eksistensi KNPI sebagai agen pelopor perubahan dan pembangunan bagi rakyat Tambrauw,” jelas Assem.

Lebih lanjut, Bupati Assem menyinggung soal Kabupaten Konservasi. Pihaknya mengajak partisipasi seluruh pemuda untuk mengkampanyekan kabupaten konservasi dan masyarakat adat di Kabupaten Tambrauw.

“Mengapa ini menjadi penting, karena kewajiban pemuda adalah memastikan Tambrauw tetap sebagai cagar alam dan paru-paru dunia. Maka pemuda harus berperan dalam mengawal dan menjadi pelopor untuk perlindungan lingkungan serta alam di Tambrauw. Karena kerusakan lingkungan dan alam, dapat mengancam habitus kehidupan, sehingga penting bahwa hutan perlu dijaga demi masa depan generasi Tambrauw,” tutur Bupati dalam sambutanya.

Nada serupa juga datang dari Bartholomeus Assem, ketua KNPI Tambrauw yang baru dilantik. Dia mengajak seluruh pemuda untuk hadir sebagai agen perubahan dalam mengawal proses pembangunan di Tambrauw, demi merespon tantangan dan perubahan pada era dewasa ini.

“KNPI adalah wadah berhimpun, laboratorium kaderisasi, maka untuk itu segera akan dilakukan konsolidasi KNPI tingkat distrik, OKP, organisasi kemasiswaan serta potensi pemuda pada umunya untuk dijadikan sebagai kekuatan  menjembatani perubahan di Tambrauw,” paparnya.

Pihaknya mengaku, ini merupakan langkah awal, setelah lama vakum, sehingga dia berharap seluruh pengurus KNPI Tambrauw selalu solid dan kondusif, agar bersama mengimplementasikan program kerja demi kebangkitan dan eksistensi pemuda Tambrauw ke depan.

“Seluruh potensi pemuda Tambrauw harus hadir sebagai leader perubahan bagi masyarakat serta harus berpartisipasi aktif dan mendukung setiap agenda pembangunan di Tambrauw untuk hari ini, esok dan masa yang akan datang,” pungkas Bartho, sapaan akrabnya.

"Obor Untuk Papua"

Maksimus Syufi
Maksimus Syufi
Jurnalis Dipta Papua

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

PUISI: Papua yang Hilang

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Namaku Papua! Aku yang mungkin lupa diucapkan oleh aksara dan rasa! Aku yang mungkin lupa ditulis oleh kamus-kamus penderita! Aku yang mungkin...

Berusia 44 Tahun, IPMAPA Malang Diharapkan Jadi Rumah Bersama

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam perayaan usianya yang ke-44 Tahun, Organisasi Persatuan Orang Papua, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) di Kota Malang...

Pentas Seni Dalam Rangka HUT IPMAPA Malang, Beberapa Tradisi Papua Ditampilkan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang, dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan...

Perayaan HUT IPMAPA Malang, Diawali dengan Seminar

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang yang ke-44 Tahun, dimulai dengan kegiatan Seminar yang...

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...