IMT Malang Menilai Peresmian Kodim 1810 Tambrauw Ilegal

DIPTAPAPUA.com – Obor Untuk Papua –

Komando distrik militer (Kodim) 1810/ Tambrauw yang diresmikan pada 14 Desember 2020 lalu di Makorem 181 PVT/ Kota Sorong tersebut, menuai penolakan dari masyarakat, mahasiswa serta berbagai organisasi atau lembaga kemasyarakatan lainnya. Penolakan tersebut dilakukan lantaran Kodim bukan kebutuhan utama masyarakat Tambrauw, seperti pendidikan, kesehatan dan juga ekonomi rakyat.

Dikatakan juga bahwa kehadiran Kodim justru menciptakan konflik serta melahirkan traumatis bagi masyarakat. Pada Jumat (22/01/2021) Ikatan Mahasiswa Tambrauw (IMT) bersama Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang menyatakan dengan tegas menolak kehadiran Kodim 1810 Tambrauw. Pernyataan sikap tersebut dilakukan di Asrama Mahasiswa Tambrauw Kota Studi Malang, Jl. Raya Tlogomas gang XII.

Ketua IMT Malang, Pius Sedik mengatakan peresmian Kodim Tambrauw yang dilakukan beberapa bulan lalu itu adalah ilegal, karena kehadiran Kodim tersebut tanpa persetujuan masyarakat adat, mahasiswa dan berbagai pihak lainnya.

“Peresmian kodim itu ilegal karena masyarakat Tambrauw dan mahasiswa tidak menyetujui kehadiran Kodim. Kodim hadir tanpa persetujuan masyarakat adat/ pemilik hak ulayat di Kabupaten Tambrauw,” katanya dalam pernyataan sikap yang dilakukan dengan membentang banner serta beberapa poster yang berisi tuntutan serta penolakan atas kehadiran Kodim di Kabupaten Tambrauw.

Baca juga: Pemuda & Mahasiswa Tambrauw Kota Studi Manokwari Tetap Menolak Kodim Tambrauw

Dia menegaskan bahwa kehadiran Kodim bukan aspirasi dari masyarakat ataupun mahasiswa.“Tambrauw butuh pendidikan, tenaga kesehatan, ekonomi rakyat, namun mengapa pemerintah abaikan kebutuhan utama rakyat ketimbang kehadiran Kodim yang bukan kebutuhan pokok,” jelas Pius.

Penolakan Kodim ini juga, dilakukan atas dasar pertimbangan beberapa kasus kekerasan yag terjadi. Berdasarkan siaran pers yang diterima, tercatat semenjak aktivitas Kodim di Tambrauw dan juga pendirian Koramil di beberapa distrik justru menciptakan kekerasan yang dialami warga. Dilaporkan bahwa setidaknya ada 7 kasus kekerasan yang dialami warga Tambrauw, dalam rentang waktu Juli 2020 higga Desember 2020. Dikatakan juga bahwa Kodim tidak memiliki wewenang untuk hadir pada ranah sipil.

“Kodim tidak berwenang hadir di ranah masyarakat sipil, karena tugas Kodim adalah menjaga ancaman terhadap kedaulatan negara, menjaga perbatasan negara dan juga ditugaskan di daerah konflik. Ranah sipil adalah tugas dan wewenang kepolisian,” terang ketua IMT Malang.

Baca juga: Mahasiswa Tambrauw Kota Jayapura Menolak Peresmian Kodim 1810/ Tambrauw

Penolakan Kodim ini pun disuarakan oleh IPMAPA Kota Malang. “Kehadiran Kodim di Tambrauw memang sangat ilegal, hal itu dilihat dari situasi terkini bahwa masyarakat dan mahasiswa Tambrauw tidak menerima,” tutur ketua IPMAPA Malang Meron Jikwa, mewakili orang Papua Malang yang terlibat dalam pembacaan pernyataan sikap penolakan Kodim Tambrauw itu.  “Kehadiran Kodim ini justru ciptakan konflik di tengah masyarakat,” tutup Jikwa.

"Obor Untuk Papua"

Maksimus Syufi
Maksimus Syufi
Jurnalis Dipta Papua

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest Articles

PUISI: Papua yang Hilang

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Namaku Papua! Aku yang mungkin lupa diucapkan oleh aksara dan rasa! Aku yang mungkin lupa ditulis oleh kamus-kamus penderita! Aku yang mungkin...

Berusia 44 Tahun, IPMAPA Malang Diharapkan Jadi Rumah Bersama

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Dalam perayaan usianya yang ke-44 Tahun, Organisasi Persatuan Orang Papua, Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) di Kota Malang...

Pentas Seni Dalam Rangka HUT IPMAPA Malang, Beberapa Tradisi Papua Ditampilkan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Kota Malang, dimeriahkan dengan pentas seni budaya yang menampilkan...

Perayaan HUT IPMAPA Malang, Diawali dengan Seminar

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Perayaan Hari Ulang Tahun Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Malang yang ke-44 Tahun, dimulai dengan kegiatan Seminar yang...

Mahasiswa Mimika di Kota Malang Tuntut Pemda Mimika dan YPMAK Tanggung Jawab Masalah Pendidikan

DIPTAPAPUA.com - Obor Untuk Papua - Mahasiswa Mimika yang tergabung dalam Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Mimika (IPMAMI) Kordinator Wilayah Kota Malang, menyikapi persoalan pendidikan...